Tajuk Karangan

Makanan dan MinumanHukum Islam Tentang Makanan - MinumanDunia di era globalisasi memang serba memusingkan. Mau ini salah, mau itu juga salah. Karena kita telah mengenal segala sesuatu dengan cara pintas dan tidak baik. Banyak terjadi kemungkaran di mana-mana. Termasuk makanan dan minuman yang haram.....

Readmore

Larangan Sombong Dalam IslamLarangan Sombong Dalam IslamSuatu hari mungkin kita menemui suatu kemudahan dalam urusan kita. Orang lain bertanya kepada kita bagaimana cara anda menyelesaikan persoalan tersebut....

Readmore

Bencana Akibat Kemaksiatan - Sistem Yang BatilBencana Akibat Kemaksiatan - Sistem Yang BatilSungguh amat pilu negeri pertiwi kita. Bencana kembali melanda Indonesia, ini sejarah mencatat 3 bencana besar datang hampir bersamaan. Mulai dari bencana di Wasior, Papua,.....

Readmore

Kaum Terdahulu Yang DimusnahkanKaum Terdahulu Yang Dimusnahkan Sebenarnya, dari dulu telah terjadi kerusakan moral dan etika yang dikenal dengan zaman jahiliyah (kebodohan). Mereka adalah kaum yang dilaknat oleh Allah SWT dan diabadikan di dalam Al Quran...

Readmore

Kembali ke Al Quran - Hadis, Tegakkan Syariah IslamKembali ke Al Quran - Hadis, Tegakkan Syariah IslamDilema masyarakat kita tentang kebenaran suatu perkara atau hal yang sangat pelik sekali pun menjadi sesuatu yang tidak dapat ditentang. Sudah merupakan tuntutan jaman yang serba ingin cepat dan instan, membuat segalanya jadi kabur....

Readmore

Jumat, 19 Maret 2010

15 Kaum Terdahulu yang Dimusnahkan

Berbagai polemik dunia sedang bergejolak. Permasalahan akhir zaman rupanya telah lama-lama muncul lengkap dengan kaum yang berulah di dalamnya. Diantaranya banyaknya kriminalitas terjadi di mana-mana. Banyak orang tidak berbakti kepada kedua orangtua. Kurangnya rasa kepercayaan diri untuk berjihad di jalan Allah.

Berbagai makanan dan minuman haram pun tak luput menjadi sajian utama masyarakat yang tidak tahu hukum halal haram, atau mungkin memang mereka tidak mau tahu. Banyak orang yang bersikap semena-mena dan sombong. Padahal islam telah melarang untuk bersikap sombong. (Saya sengaja menyediakan banyak link untuk mengetahui artikel lebih lanjut agar kita banyak belajar, banyak tahu. Jadi harap dibaca yah!).

Sebenarnya, dari dulu telah terjadi kerusakan moral dan etika yang dikenal dengan zaman jahiliyah (kebodohan). Mereka adalah kaum yang dilaknat oleh Allah SWT dan diabadikan di dalam Al Quran. Allah telah menerangkan di dalam QS. At Taubah {9}:70
"Belum datangkah kepada mereka berita penting tentang orang-orang sebelum mereka, yaitu (kaum) Nuh, 'Aad, Tsamud, Kaum Ibrahim, Penduduk Madyan, dan negeri-negeri (lainnya) yang telah musnah? Telah datang kepada mereka rosul-rosul dengan membawa keterangan yang nyata. Maka Allah tidaklah sama sekali menganiaya mereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri."
Siapa sajakah mereka? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Kaum Nuh

Dalam bahasa inggris, mungkin menjadi Kaum Noah. Mereka adalah kaum yang durhaka. Padahal ada yang meriwayatkan usia Nabi Nuh mencapai 900 tahun. Selama itu, pengikut Nabi Nuh as hanya berjumlah puluhan saja. Lalu Nabi Nuh berdoa akan disegerakan hukuman bagi kaumnya. Allah lalu menurunkan hujan yang sangat deras dan mata air yang memancar dari bumi hingga terjadi banjir dahsyat. Kaum nuh yang soleh di selamatkan Allah di dalam kapal besar. Di samping adalah perkiraan lokasi kapal Nabi Nuh.

Kaum 'Aad (Kaum Hud)


Mereka adalah kaum Nabi Hud as. Mereka tinggal di tempat yang bernama "Al Ahqaf" terletak di utara Hadaramaut, Antara Yaman dan Umman. Jangan heran dengan kebengisan kaum yang satu ini. Mereka tidak segan-segan menindas yang lemah dan bertindak sewenang-wenang. Sifat-sifat sombong, iri, tamak telah menjadi sifat mereka. Sudah menjadi ketentuan Allah, bahwa Allah akan menghancurkan kaum yang berbuat kerusakan.

Kaum Tsamud (Kaum Shaleh)


Kaum ini pernah melakukan sayembara untuk membunuh Nabi Shaleh. Namun atas kebesaran Allah, Nabi Shaleh terselamatkan. Kemudian Allah memberikan unta yang keluar dari batu sebagai mukjizat atau keajaiban tanda kerosulan Nabi Shaleh untuk Kaum Tsamud. Namun, mereka malah membunuh unta tersebut. Allah mengadzab dengan halilintar yang dahsyat disertai gempa bumi berskala besar. Istri Nabi Shaleh juga merupakan kaum yang durhaka dan dimusnahkan.

Kaum Sodom (Kaum Luth)


Pernah mendengar isltilah tersebut? Jangan heran bila Sodom sebenarnya adalah nama kaum terdahulu. Mereka adalah kaum Nabi Luth as. Mereka telah diberikan kelebihan pengetahuan di masa mereke. Akan tetapi, mereka melakukan tindakan keji yaitu homoseksual. Mereka lalu dihukum oleh Allah dengan menjungkirbalikkan negeri mereka. Mungkin jika kita mengenal Danau Mati, itulah Danau Luth.

Kaum
Madyan ( Kaum Syuaib)
Mereka tidak mau mendengar seruan Nabi Syuaib. Mereka malah menuduh beliau sebagai tukang sihir da tukang sulap yang ulung dikarenakan mukjizat yang Allah berikan kepada Kaum Madyan. Mereka menantang Nabi Syuaib untuk menurunkan adzab (hukuman) kepada mereka jika hal itu benar. Setelah Nabi Syuaib berdoa, maka Allah memberi udara yang sangat panas, kering. Kemudian terdapat awan hitam, disangkanya adalah hujan. Ternyata mereka terkena petir dan percikan api dari awan hitam. Kemudian disusul dengan gempa yang bergemuruh.

Setelah mendengar ulasan singkat tersebut, masihkah kita menentang ajaran Allah? Jadikanlah hal ini sebagai renungan bagi umat Islam. Allah telah mengabadikan jasad mereka dan tempat tinggal mereka sebagai pelajaran bagi kaum selanjutnya dan kaum yang mau mengambil hikmah (pelajaran).
Wallahu a'lam bish showab.***





15 comments:

Feeds Comments
Ragil Cahya Maulana mengatakan...

semoga kita kaum Nabi Muhammad 2010 tidak dimusnahkan oleh Allah. amin...

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ Ragil Cahya Maulana : Amin, oleh karena itu mas juga berusaha beramal dengan sebaik-baiknya.

Link Tea mengatakan...

Wah postingan yang bagus sob.. jadi tahu nih

Dofollow Blog Community mengatakan...

Wah Non alexanya dah mulai diet ya.. selamat deh.. soal link in nanti juga berobah sendiri kok.. memang agak lama tuh..kalau yang link in nya..

Saung Web mengatakan...

Bisa jadi bahan ceramah nih sob.. makasih ya.. ntar saya copy deh

Digital Book mengatakan...

sangat menarik melihat sisa kaum masa lampau yang tertera di Al Qur'an
Salam :-)

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ Link Tea: Terima kasih.
@ Dofollow Blog Community: Iya nih, dah lama gag pernah diet. hehehe.
@Saung Web: yah gtu sob. Sebarkan agar orang lain dapat mengambil manfaat.
@ Digital Book: Memang Al Quran diturunkan sebagai pembawa kabar.

membuat toko online mengatakan...

semoga bangsa kita tidak termasuk kaum yg dimusnahkan oleh Allah SWT

yusri ismail mengatakan...

Alla maha besar telah menunjukkan kepada umat manusia tentang yang haq, tinngak kita sendiri mau sadar atau gak..wassalam.

barkah mengatakan...

Alloh Maha Besar dan berhak mengatur sma yang ada di alam semesta n seisinya,

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ membuat toko online: agar tidak dimusnahkan, sering2lah kita mengingat Allah.

@ yusri ismail: bener sob, mudah2an kita menjadi orang yang diberi hidayah Allah.

@ barkah : Semua yang di alam semesta adalah mudah dan kecil bagi-Nya

uci mengatakan...

Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negri secara zalim, sedangkan penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan “(QS. Huud: 117)

Harga Blackberry Terbaru mengatakan...

semoga kaum nabi muhammad tidak menjadi seperti kaum2 terdahulu yang dimusnahkan Allah swt

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ Harga BB: Oleh karena itu, jangan berbuat kerusakan dan mempersekutukan Allah,,

agen xamthone plus bandung mengatakan...

mudah2 kita tidak termasuk kaum yg kena azab dr Allah SWT...aminnn....

Mohon Tinggalkan Komentar tetapi jangan mengandung unsur SARA dan Spam!