Tajuk Karangan

Makanan dan MinumanHukum Islam Tentang Makanan - MinumanDunia di era globalisasi memang serba memusingkan. Mau ini salah, mau itu juga salah. Karena kita telah mengenal segala sesuatu dengan cara pintas dan tidak baik. Banyak terjadi kemungkaran di mana-mana. Termasuk makanan dan minuman yang haram.....

Readmore

Larangan Sombong Dalam IslamLarangan Sombong Dalam IslamSuatu hari mungkin kita menemui suatu kemudahan dalam urusan kita. Orang lain bertanya kepada kita bagaimana cara anda menyelesaikan persoalan tersebut....

Readmore

Bencana Akibat Kemaksiatan - Sistem Yang BatilBencana Akibat Kemaksiatan - Sistem Yang BatilSungguh amat pilu negeri pertiwi kita. Bencana kembali melanda Indonesia, ini sejarah mencatat 3 bencana besar datang hampir bersamaan. Mulai dari bencana di Wasior, Papua,.....

Readmore

Kaum Terdahulu Yang DimusnahkanKaum Terdahulu Yang Dimusnahkan Sebenarnya, dari dulu telah terjadi kerusakan moral dan etika yang dikenal dengan zaman jahiliyah (kebodohan). Mereka adalah kaum yang dilaknat oleh Allah SWT dan diabadikan di dalam Al Quran...

Readmore

Kembali ke Al Quran - Hadis, Tegakkan Syariah IslamKembali ke Al Quran - Hadis, Tegakkan Syariah IslamDilema masyarakat kita tentang kebenaran suatu perkara atau hal yang sangat pelik sekali pun menjadi sesuatu yang tidak dapat ditentang. Sudah merupakan tuntutan jaman yang serba ingin cepat dan instan, membuat segalanya jadi kabur....

Readmore

Sabtu, 17 April 2010

10 Pembuktian Al Quran|Kegelapan dan Gelombang Dasar Laut

Di sini saya akan mencoba mengungkapkan kebenaran al qur'an yang tidak diragukan lagi kebenarannya dan tidak pernah ada perubahan secara tersurat hingga akhir masa. Sudah jelas kebenaran dan bukti nyata al quran. Akan tetapi manusia memang selalu membangkang dan tidak percaya.

Nah, bagi siapa yang tidak percaya tentang kebenaran al quran, Allah mentantang dalam QS. Huud {11}:13

Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Al Quran itu", Katakanlah: "(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar."

Ayat di atas adalah pembuka materi yang akan saya sampaikan agar kita lebih yakin dan percaya bahwa al quran bukan buatan mahluk atau manusia yang memiliki keterbatasan pengetahuan, akan tetapi wahyu Allah sebagai zat Yang Maha Mengetahui. Dan Allah dalam ayat-ayat al quran juga menjelaskan pengetahuan yang baru diketahui berabad-abad setelah diturunkannya sebagai wahyu kepada Rasulullah. Berikut ulasannya.

Di Dasar Laut, Terdapat Apakah?
Kini, kita telah mengetahui keadaan umum lautan, ciri-ciri mahluk hidup yang ada di dalamnya, kadar garamnya, serta jumlah air, luas permukaan, dan kedalamannya. Kapal selam dan perangkat khusus yang dikembangkan menggunakan teknologi modern, memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan seluruh informasi tersebut.

1. Kegelapan Lautan
Manusia tidak mampu menyelam pada kedalaman di bawah 40 meter tanpa bantuan peralatan khusus. Mereka tak mampu bertahan hidup di bagian samudera yang gelap dan dalam seperti pada kedalaman 200 meter. Karena alasan itulah ilmuwan baru menemukan informasi rinci mengenai lautan setelah pengetahuan alat selam dan teknologi.

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali. (Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Ocean London, Mitchell Beazley Publishers, s.27)

2. Gelombang Intenal (Internal Waves)

Kemudian, baru-baru ini ditemukan suatu penemuan adanya gelombang di dasar lautan, yang terjadi pada pertemuan antara lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda. Gelombang ini dinamakan gelombang internal.

Gelombang internal memiliki sifat seperti gelomang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang ini tidak dapat di lihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1339, Oceanography, a View Of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Pretience-Hall Inc., s. 205)

Penemuan-penemuan yang ada di atas, sebenarnya telah dijelaskan dalam al quran mengenai hal tersebut berabad-abad yang lalu ketika Rasulullah masih hidup berupa QS. An Nur {24}:40

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.

Merupakan suatu pembuktian yang sangat menakjubkan dari al quran yang tidak pernah dirubah akan tetapi tidak tertinggal oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Manusai memiliki ilmu yang diberi Allah. Baca selengkapnya. Akan tetapi ilmu manusia hanyalah sebatas apa yang telah diajarkan Allah kepadanya. Tidak mungkin manusia yang memiliki keterbatasan pengetahuan, kemudian membuat al quran yang membuktikan pengetahuan berabad-abad setelahnya. Maka adakah yang mau mengambil pelajaran? Masihkah kita tidak percaya akan ayat-ayat al quran? Jika demikian, bersiaplah seperti kaum terdahulu yang dimusnahkan? Baca selengkapnya.

Wallahu a'lam bish showab.***


10 comments:

Feeds Comments
Saung Web mengatakan...

Walah.. ini sih postingan tingkat tinggi sob.. paling tidak pelajaran S2 hahaa.. but makasih ya.. sungguh banyak ilmu disini ..
btw ada tag buat ki sobat nih. dicopas n dikerjakan pr nya ya.. hehe

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ Saung Web : Terima kasih atas kunjungannya. Mengenai materi ini memang sedikit membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Namun, alhamdulillah berkat izin Allah saya bisa memberikan materi2 Islam hingga saat ini.

Yackko mengatakan...

Terima kasih atas tambahan ilmunya, sangat bermanfaat terutama bagi saya...

Anonim mengatakan...

oke tingkat tinggi nih ....mohon izin copas...!!!

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya...semoga bermanfaat bagi kita semua

Mohammad Akhirul Putra mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan atas informasinya.
Ini sebagai referensi tambahan saya dalam mengajar fisika di sekolah.
Sekali lagi terima kasih...

Firman Azka's Blog mengatakan...

@ Mohammad A : Sama-sama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembelajaran di sekolah terutama kepada remaja yang perlu di ajak untuk mengenal Islam lebih baik sebagai generasi penerus Islam.

islamphone mengatakan...

sangat waw artikelnya

sumber referensi mengatakan...

subhanallah, thank bro sudah sharing artikel yang bermanfaat

downloadgame12 mengatakan...

senang sekali gan bisa berkunjung kesini

Mohon Tinggalkan Komentar tetapi jangan mengandung unsur SARA dan Spam!